RSS

Arsip Kategori: kimia

TUGAS MEDIA PEMBELAJARAN


Kelompok 1:

  • Dika
  • Dony
  • Redinetyas
  • Aditya
  • Fransisca
  • Nirma
  • Wahyudi
  • Ulfatun
  • yuniar

Tugas Media Pembelajaran pembuatan website yang berisi tentang materi kimia SMA kelas 1. Sebagai rujukan digunakan buku BSE karangan Khamidinal. Untuk pembagian materi saya dasarkan urut nama aja biar enak baginya:

 

  • Aditya         à BAB 1     ATOM
  • Dika         à BAB II     SISTEM PERIODIK UNSUR
  • Dony        à BAB III     IKATAN KIMIA
  • Fransisca    à BAB IV    Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi Sederhana
  • Nirma        à BAB V    Hukum Dasar Dan Perhitungan Kimia
  • Redinetyas    à BAB VI    Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit
  • Ulfatun        à BAB VII    Reaksi Oksidasi dan Reduksi
  • Wahyudi    à BAB VIII    Senyawa Hidrokarbon
  • Yuniar        à BAB IX    Minyak Bumi

Saya sarankan untuk menggunakan software mindjet 7 aja karena kerjanya masih lebih optimal, mindjet 9 beberapa kali mengalami error saat saya jalankan dilaptop saya. Untuk template website-nya menggunakan yang “light blue” biar seragam.

Nama foldernya disesuaikan dengan materi yang dibahas.

Tugas dikumpulkan hari jumat.

Terima kasih..

 
6 Komentar

Ditulis oleh pada 29 November 2011 in kimia

 

Powerpoint Karakteristik Buah dan Sayuran


Silahkan diklik link downloadnya dibawah ini..

ppt karakteristik buah dan sayuran

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 15 November 2011 in kimia

 

Tag: , , , , , , , ,

Format Laporan


Laporan… Laporan… dan Laporan…

Pasti semua temen-temen, terutama temen mahasiswa yang kuliah dijurusan kimia nggak asing dengan kata laporan. Meskipun bisa dikatakan telat namun saya akan membahas sedikit bagaimana cara membuat laporan. Laporan yang akan bahas disni merupakan laporan praktikum kimia secara umum, kadang dosen mempunyai format tersendiri tentang penulisan laporan. Nah, buat jaga-jaga berikut ini saya berikan secara umum saja.(Khusus Mahasiswa Jurusan Kimia Universitas Negeri Malang)

Dalam penulisan laporan praktikum kimia ada beberapa bagian yang harus ditulis secara urut. Kita tidak boleh seenaknya mengubah format laporan. Berikut ini urutan penulisan laporan:

  1. Halaman Cover

Untuk halaman cover masing-masing dosen mempunyai format cover laporan yang berbeda-beda, secara umum halaman cover harus memuat informasi tentang jenis praktikumnya, judul praktikum, nama anggota kelompok, dan identitas kampus. Untuk lebih jelasnya perhatikan format yang bisa di download diakhir artikel ini.

Judul Praktikum

Judul Praktikum ditulis sesuai dengan judul praktikum

Tujuan Praktikum

Tujuan Praktikum ditulis sesuai dengan tujuan praktikum yang ada pada petunjuk praktikum. Jika perlu bias dilakukan perubahan.

Dasar Teori

Dasar teori berisi tentang teori yang mendasari praktikum yang sedang dilakukan. Dasar teori bias didapat dari beberapa sumber rujukan, misalnya buku teks dan dari internet. Perlu diperhatikan untuk rujukan dari internet hendaknya dilihat dulu apakah isinya sudah sesuai dengan konsep kimia yang ada atau tidak, untuk jaga-jaga alangkah baiknya jika menggunakan buku teks yang sudah pasti tentang isinya. Jangan lupa untuk mencatat data sumber rujukan untuk ditulis pada sumber rujukan di bagian akhir laporan.

Cara Kerja

Pada laporan cara kerja ditulis dengan kalimat pasif. Beda antara penulisan cara kerja pada laporan dan jurnal adalah pada cara penulisannya. Pada jurnal cara kerja ditulis dalam bentuk diagram alir sedangkan pada laporan cara kerja ditulis dalam bentuk narasi atau bisa dikatakan cara kerja yang dinarasikan.

Data Pengamatan

Data pengamatan yang ada pada laporan berbeda dengan data laporan yang ada pada laporan sementara. Pada laporan sementara data pengamatan hanya ditulis dalam bentuk tabel. Berbeda dengan data pengamatan yang ada pada laporan resmi yang lebih baik ditulis dalam bentuk narasi yang bisa dilengkapi juga dengan tabel.

Analisa Data

Analisis data berisi tentang data-data perhitungan yang diperlukan dalam data pengamatan. Dalam analisis data hanya berisi perhitungan, jika percobaan tidak mengandung data perhitungan tidak perlu memaksakan diri untuk menghitung hal-hal yang tidak ada.

Pembahasan

Pembahasan berisi tentang penjelasan tentang percobaan yang telah dilakukan, hasil pengamatan yang diperoleh, data yang didapatkan dan kesesuaian hasil percobaan dengan teori yang ada.

Kesimpulan

Kesimpulan berisi tentang jawaban dari tujuan praktikum yang telah dilakukan. Kesimpulan harus disesuaikan dengan hasil percobaan.

Daftar Pustaka

Daftar pustak berisi tentang data rujukan yang digunakan selama mengerjakan laoran

Lampiran

Lampiran berisi laporan sementara dan beberapa hal yang perlu dilampirkan jika tidak bisa ditulis dalam laporan, misalnya grafik, gambar, dsb.

Untuk  format dari laporan menurut saya penjelasan diatas sudah cukup. Sekarang tinggal bagaimana kita berkreasi dalam menulis laporan :D

Perlu diingatb dalam menulis laporan harus ditulis tangan dan menggunakan kertas folio bergaris (meskipun ada beberapa dosen yang membolehkan dalam bentuk ketikan)

Selanjutnya untuk lebih memperjelas bagaimana format laporannya silahkan di download format laporan berikut.

Contoh laporan.

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 22 Oktober 2011 in kimia

 

Tag: , , ,

Effervescent Temulawak


Untuk latar belakang masalah masih kosong karena aku nggak tahu harus nulis apa..

Setelah selesai di publish ulang aja jangan di save langsung biar nggak ngaruh sama slide yang nggak di dukung ppt 2003.

Untuk download Powerpointnya silahkan klik link dibawah ini.

ppt effervescent

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 7 Oktober 2011 in kimia

 

Tag: , , ,

Template Laju reaksi


Jika ada yang nggak cocok atau ada yang mau diubah silahkan aja.Template ini masih belum divalidasi jadi masih sangat mungkin untuk diganti. hehehehe…

Untuk download silahkan klik link dibawah ini.

template laju reaksi

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 1 Oktober 2011 in kimia

 

Tag: , , ,

Hijau segar justru Berbahaya


Siapa yang tidak mengenal singkong, hamper semua rakyat Indonesia mengenal yang namanya singkong. Mulai dari sabang sampai merauke pasti mengenalnya. Hal ini karena singkong mudah tumbuh di tanah Indonesia yang tropis. Singkong dapat dimanfaatkan mulai dari umbi, batang, dan daunnya. Saya nggak akan bahas bagaimana manfaat singkong satu-satu karena pasti kawan-kawan lebih tahu dari aku:D.

Aku merupakan salah satu orang yang sangat suka sekali dengan yang namanya sayuran, tidak terkecuali sayur dari daun singkong. Warnanya yang hijau segar dan rasanya yang nikmat membuatku nggak akan melewati menu makanan ini jika tersedia di meja makanan. Berhubung sekarang aku sudah menjadi anak kost2n maka aku sering membeli matengnya di warung2 makanan yang biasa menjual lauk siap makan. Tapi sadarkah kita kalau sekarang ini banyak warung-warung makanan yang menyediakan sayur(terutama daun singkong) yang telah dimasak dengan boraks??

Aku sempat kaget ketika kemarin aku melihat tayangan investigasi di salah satu tv swasta nasional yang menyebutkan bahwa banyak penjual sayur yang sengaja menambahkan boraks untuk mendapatkan  sayur yang berwarna lebih hijau dan tahan lama. Tapi jangan kita menjadi takut untuk membeli sayur daun singkong di warung karena mendengar berita seperti itu, karena tidak semua warung melakukannya(baca- warung2 tertentu).

Sebelum kita membahas bagaiman sayur yang dimasak dengan boraks saya akan terlebih dahulu membahas apa yang dinamakan boraks itu. Mungkin adal kawan-kawan yang belum tahu. Boraks merupakan Kristal yang berwarna putih dan merupakan salah satu zat kimia yang digunakan untuk mengawetkan kayu, zat pembersih, dan membunuh kecoa. Kita bisa bayangkan bagaimana jika zat sepedrti itu masuk dalam tubuh kita secara terus menerus. Kecoa aja satu kali mati apalagi kita yang mengkonsumsi secara terus menerus???

Organ yang diserang saat kita menkonsumsi boraks adalah organ hati. Di dalam oragan tersebut nantinya boraks akan mengendap. Pemerintah sebenarnya telah melarang penggunaan boraks sebagai bahan makanan per Juli 1979, dan dimantapkan melalui SK Menteri Kesehatan RI No 733/Menkes/Per/IX/1988. Namun ironisnya ternyata penggunaan boraks masih terus saja berlanjut, mulai daru tahu, bakso, dan sekarang malah sayuran.

Kembali kepada sayur yang dimasak dengan boraks. Ciri-ciri sayur yang dimasak dengan boraks adalah. Warnanya yang hijau cerah tidak seperti sayur daun singkong yang warnan hijuanya akan pudar setelah dimasak. Sayur yang dimasak degan boraks gampang sobek dan lebih tahan lama, bisa bertahan lebih dari 1 hari, padahal umumnya sayur boraks hanya bertahan setengah hari. Untuk membuktikannya apakah benar sayur tersebut dimaska dengan boraks dapat digunakan uji kualitatif di laboratorium. Tapi nggak mungkin kan kita waktu mau beli makanan harus nguji sayurnya di laboratorium dulu(selak tutup warunge).

Tidak sulit bagi para pedagang untuk mendapatkan boraks, Karena banyak took-toko dipasar yang menjualnya. Dari investigasi acara tv kemarin harga 1 ons boraks hanya Rp 3000,00 dan dapat digunakan selama seminggu. Hmmmmm…. Murah dan gamapng banget kan?? Padahal mahasiswa di jurusanku kalau mau penelitian sangat sulit mencari zat-zat kimia, kalaupun ada pasti harganya mahal. Berarti harus banyak-banyak bertanya dengan pedagang makanan nih biar waktu penelitian  bisa cari zat-zay kimia yang murah dan mudah:D.

Setelah membaca artikel ini semoga kawan-kawan bisa waspada, tapi tidak takut kalau mau membeli makanan di warung. Kalau aku sih nggak mungkin takut, kalau takut mau makan apa saya di kostan:D. Akhirnya semoga bapak ibuk penjual makanan bisa sadar kalau kita juga manusia bukan kecoa yang harus diberantas dengan boraks. Amin…

 

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 10 April 2011 in kimia

 

Tag: ,

makalah mikrobiologi


Siapa yang biasa memahami 20 makalah di otak sekaligus, siapa juga yang mampu memahami 20 makalah saat ujian organik menanti dan ujian anfis siap menghadang??? pertanyaan siapa diatas hanya temen2 yang bisa menjawabnya, namun secara pribadi saya tidak sanggup dan bahkan nggak ada  niatan untuk memahami..(INtine malez..heheheh)

tapi meskipun aku nggak ada niatan untuk memahaminya, aku masih punya niatan untuk berbagi file makalah ini buat teman2.. mungkin aja aku dapat sedikit ilmu teman2 yang belajar(ngarep…hehehe…)

y sudahlah saya tak bisa nulis panjang lebar lagi..

yang mau download silahkan klik link di bawah ini:

makalah

 
4 Komentar

Ditulis oleh pada 20 Desember 2010 in kimia, Uncategorized

 

Tag:

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.