RSS

Gravimetri

17 Mei

Gravimetri adalah satu metoda analisis kuantitatif dengan cara-cara “penimbangan”. Metoda ini menyangkut suatu proses isolasi serta sistem berat dari suatu zat/unsur atau suatu susunan campuran yang didefinisikan sebagai suatu zat dalam bentuk murni yang nyata dan mungkin. Jadi dalam analisis gravimetri ini zat yang diselidiki kemudian diendapkan menjadi konstituen yang telah diketahui susunan kimianya, lalu ditetapkan kadarnya dengan cara-cara penimbangan beratnya. Dalam metoda ini terdapat beberapa langkah teknis yang penting dan perlu diperhatikan, yaitu meliputi:

  1. Proses pengendapan zat

Harus diketahui dengan pasti zat-zat atau ion-ion yang saling dapat mengendapkan serta syarat-syarat pengendapan yang ada.

  1. Proses penyaringan dari endapan

Merupakan langkah pemisahan endapan dari cairannya dengan menggunakan sinterglass (kroesgoch) ukuran khusus (pada praktikum ini menggunakan ukuran G-3).

  1. Proses pencucian dari endapan
  2. Proses pengeringan dengan atau tanpa pemijaran

Dilakukan dalam alat pemijar (oven) dengan temperature tinggi hingga endapan dalam sinterglass telah stabil.

  1. Proses penimbangan endapan.

Dilakukan beberapa kali sampai mendapatkan berat konstan diantara perlakuan pengeringan, setelah endapan dingin.

Metode gravimetri untuk analisis kuantitatif didasarkan pada stohkiometri reaksi pengendapan, yang secara umum dinyatakan dengan persamaan:

aA + pP -> AaPp

“a” adalah koefisien reaksi setara dari reaktan analit (A), “p” adalah koefisien reaksi setara dari reaktan pengendap (P) dan AaPp adalah rumus molekul dari zat kimia hasil reaksi yang tergolong sulit larut (mengendap) yang dapat ditentukan beratnya dengan tepat setelah proses pencucian dan pengeringan. Penambahan reaktan pengendap P umumnya dilakukan secara berlebih agar dicapai proses pengendapan yang sempurna.

Agar penetapan kuantitas analit dalam metode gravimetri mencapai hasil yang mendekati nilai sebenarnya, harus dipenuhi dua kriteria berikut:

  1. Proses pemisahan atau pengendapan analit dari komponen lainnya berlangsung sempurna.
  2. Endapan analit yang dihasilkan diketahui dengan tepat komposisinya dan memiliki tingkat kemurnian yang tinggi, tidak bercampur dengan zat pengotor.
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 17 Mei 2010 in kimia

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: