RSS

RPP

09 Apr

hampir setengah tahun blog ini udah nggak aku urus, maklum semester ini tugasnya kayak jamur dimusim hujan🙂, tapi setelah aku buka blog ternyata pengunjung blog ini semakin meningkat tajam. aku sempat kaget, padahal waktu aku tinggal dulu kunujangan perbulannya rata-rata 300n eh waktu aku buka ternyata bulan kemarin yang masuk blogku sekitar 1300n. Alhamdulillah, mungkin info-info diblog ini banyak yang membutuhkan. Amien…

Hal pertama yang akan aku bahas pada kunjungan pertamaku diblog ini ditahun 2011 adalah Rencana Pelaksanaan pembelajaran atau biasa disingkat RPP. Bagi bapak-ibu guru dan kawan-kawan calon guru(kayak aku:)) tidak asaing dengan istilah ini. RPP adalah renacan pembelajaran yang dibuat oleh guru sebagai sarana persiapan sebelum melakukan pembelajran dikelas. Harusnya sebelum melaksanakan pembelajaran seorang guru yang baik harus menyusun sebuah RPP. Kenapa harus menyusun sebuah RPP dan bagaimana jika seorang guru tidak menyusun sebuah RPP sebelum mengajar?

Meskipun sebagian besar(saya yakin) guru mengerti dan paham akan butuhnya RPP sebagian persiapan untuk mengajar namun ada sebagian guru(mungkin lho) yang tidak menyusun RPP sebelum mengaja. Padahal Penyusunan RPP sangat perlu sekali hal ini karena RPP dapat membantu kita untuk mencapai tujuan pembelajran yang harus kita capai pada saat mengajar. Tanpa RPP pembelajaran seakan ngambang(mengalir apa adanya kayak air) tanpa tujuan yang jelas. Kehadiran RPP juga sangat membantu kita dalam mengatur alokasi waktu kita dalam membelajarkan sesuatu, jadi nggak akan ada ceritanya pembelajaran tidak selsesai karena kehabisan waktu.

Bagi seorang guru RPP merupakan bahan makanan wajib tiap hari sebelum mengajar. Jadi jangan heran ya kalau guru sering memberi tugas yang banyak kepada siswanya, karena guru pekerjaan rumahnya juga sangat banyak. Jadi biar adil, guru mengerjakan RPP, murid mengerjakan PR, Pas kan?? :):):)

Untuk masalah Format RPP dan apa saja yang ada di dalam RPP mungkin akan saya bahas pada artikel yang lain.

HIDUP RPP..!!!!!!!

SALAM UNTUK GURU SELURUH INDONESIA..!!!!!

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 9 April 2011 in pendidikan

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

 
